Cara Menghapus Akun Zoom Permanen

Apakah bisa menghapus akun Zoom secara permanen? Tentu saja, beberapa hal bisa membuat pengguna menghapus akun Zoom selamanya. Cara menghapus akun Zoom permanen pun sangat mudah dan cepat.

Menghapus akun Zoom bisa dilakukan di HP, PC maupun melalui website Zoom. Namun, sebelum menghapusnya, pahami terlebih dahulu dampak menghapus akun Zoom.

Penyebab Kenapa Pengguna Menghapus Akun Zoom Secara Permanen

cara menghapus akun zoom

Sebenarnya, kenapa pengguna ingin menghapus akun Zoom secara permanen? Tentunya, ada alasan-alasan tertentu yang membuat pengguna Zoom ingin melakukan hal tersebut.

Nah, sebelum Anda menghapus akun Zoom permanen, harus tahu terlebih dahulu mayoritas penyebab yang membuat pengguna melakukannya.

Di bawah ini adalah hal-hal umum yang dialami pengguna Zoom, yang membuat mereka terpaksa harus menghapus akun Zoom:

1. Zoombombing

Pertama ada Zoombombing, kondisi di mana pengguna menemukan kecacatan pada sistem dan keamanan privasi di Zoom.

Zoombombing juga istilah untuk menggambarkan ketika ada penyusupan atau peretasan di akun pengguna Zoom, yang tentunya mengganggu kenyamanan pengguna.

Tidak berhenti sampai di sini, Zoombombing semakin parah karena bahkan ada pengguna yang melapor bahwa pelanggaran privasi mengarah ke ranah pornografi.

Tentunya, hal semacam ini tidak bisa ditoleransi sama sekali. Menjadi maklum ketika ada pengguna Zoom yang menghapus akun mereka secara permanen karena mengalami Zoombombing.

2. Penjualan Data

Alasan berikutnya kenapa pengguna menghapus akun Zoom mereka adalah penjualan data. Mereka melakukan hal ini setelah mendengar bahwa menggunakan Zoom berisiko.

Risiko tersebut adalah peretasan, yang bisa menyebabkan pencurian data-data di perangkat pengguna. Konon, data-data tersebut akan dijual oleh oknum untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Di mana mereka menjualnya? Biasa, hal ilegal semacam ini bisa dijual dengan bebas di dark web. Tidak heran, ada beberapa pengguna yang takut akan hal ini.

Isu ini bukan isapan jempol semata, karena ada kabar bahwa 500.000 data pengguna sudah ada yang dijual, yang meliputi nama pengguna, email dan password-nya.

3. Peretasan Perangkat

Banyak pengguna Zoom yang melaporkan bahwa perangkat mereka diretas setelah menggunakan aplikasi tersebut. Tentu tidak ada pengguna Zoom yang ingin hal semacam ini terjadi.

Parahnya, peretasan tersebut bahkan bisa mengakses media sosial yang dimiliki oleh pengguna. Jadi, pengguna yang khawatir akan hal ini langsung menghapus akun Zoom.

Meskipun sistem keamanan dan privasi Zoom telah ditingkatkan, namun masih banyak pengguna yang meragukannya. Imbasnya, mereka lebih suka menggunakan aplikasi lainnya, contohnya Google Meet.

4. Tidak Menggunakan Zoom Lagi

Alasan yang terakhir kenapa pengguna Zoom menghapus akun secara permanen adalah karena sudah tidak menggunakan Zoom lagi.

Sekarang ini, selain Zoom, sudah banyak aplikasi telekonferensi video lainnya. Terkadang, pengguna Zoom beralih menggunakan aplikasi lain karena memiliki fitur yang lebih lengkap.

Selain itu, biasanya mereka juga menggunakan aplikasi telekonferensi yang sudah ditentukan, misalnya saja oleh instansi, sekolah, perusahaan dan lain sebagainya.

Jadi, karena sudah tidak digunakan sama sekali, mereka lebih suka menghapus akun Zoom secara permanen. Apalagi mengingat banyak risiko keamanan, lebih aman jika menghapusnya permanen.

Konsekuensi Setelah Menghapus Akun Zoom Permanen

cara menghapus akun zoom

Sebelum membahas cara menghapus akun Zoom permanen, Anda harus tahu efek atau dampak yang akan dihadapi.

Ya, karena akun Zoom tersebut dihapus, tentunya pengguna tidak memiliki akses terhadap akun tersebut lagi.

Nah, di bawah ini adalah beberapa efek yang akan diterima pengguna setelah menghapus akun Zoom:

1.Tidak Bisa Membuat Meeting Sendiri

Karena sudah tidak punya akun Zoom lagi, maka tidak bisa membuat meeting sendiri. Memang, hanya pemilik akun Zoom saja yang bisa menjadi host alias mengadakan pertemuan online di Zoom Meeting.

Anda harus tahu akibat ini, jadi pikirkan masak-masak sebelum menghapus akun Zoom. Terlebih jika Anda merupakan perwakilan dari instansi, guru, dosen dan semacamnya.

2. Hanya Bisa Join Meeting Sebagai Guest

Beruntungnya, pengguna yang telah menghapus akun Zoom tetap bisa mengikut Zoom Meeting. Ya, mereka tetap bisa ikut pertemuan online di Zoom tanpa harus login terlebih dahulu.

Pengguna tersebut bisa ikut Zoom Meeting sebagai guest alias tamu saja. Karena hanya sebagai guest, tentu fitur dan layanan yang didapatkan tidak selengkap ketika masih memiliki akun Zoom.

3. Tidak Bisa Mengatur Jadwal Meeting

Pengguna yang tidak lagi memiliki akun Zoom pastinya tidak  bisa menjadwalkan meeting lagi di Zoom. Hanya pengguna yang memiliki akun saja yang bisa membuat dan mengatur jadwal meeting di Zoom.

4. Kehilangan Akses Kontak dan Channel di akun Zoom

Terakhir, pengguna yang telah menghapus akun Zoom mereka akan kehilangan akses terhadap kontak dan channel yang tersimpan di akun Zoom.

Cara Menghapus Akun Zoom Permanen di HP/Android

menghapus zoom

Menghapus akun Zoom bisa dilakukan di HP, Android maupun iOS. Tata caranya sangat mudah, pastikan saja perangkat sudah terhubung dengan koneksi internet yang stabil agar proses penghapusan lancar.

Di bawah ini bisa dicek bagaimana cara menghapus akun Zoom di HP Android dan iOS :

  • Pertama, buka aplikasi Zoom di HP Android dan iOS.
  • Pastikan telah login, jika belum bisa login terlebih dahulu menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan atau dengan akun Google, Facebook dan lainnya.
  • Setelah berhasil login, masuk ke Account Management.
  • Selanjutnya klik tanda panah ke bawah (dropdown), pilih Admin lalu pilih Account Profile.
  • Setelah masuk ke menu Account Profile, lihat di bagian bawah dan klik Terminate My Account untuk menghapus akun Zoom.
  • Setelahnya akan ada pop up, yang menanyakan apakah Anda yakin untuk menghapus akun Zoom.
  • Terakhir klik OK untuk konfirmasi, dan akun tersebut akan dihapus oleh sistem secara permanen.

Setelah menghapus akun Zoom, pastikan untuk menghapus aplikasinya. Sebelumnya hapus juga data dan cache-nya, agar perangkat benar-benar bersih dari Zoom.

Cara Menghapus Akun Zoom Permanen di Laptop/PC

zomm

Berikutnya akan dibahas bagaimana cara menghapus akun Zoom permanen di laptop atau PC, berikut langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi Zoom di laptop, atau akses ke website Zoom dengan browser di laptop atau PC.
  • Kemudian login ke akun Zoom yang akan dihapus permanen.
  • Setelah berhasil login, klik Account Management kemudian pilih Account Profile.
  • Setelahnya lihat di bagian bawah lalu klik Terminate My Account untuk menghapus akun Zoom.
  • Selanjutnya klik Ya jika ada konfirmasi dari Zoom.
  • Selesai, setelahnya akun Zoom tersebut akan dihapus permanen oleh sistem.
  • Setelah penghapusan selesai, jangan lupa untuk mencopot pemasangan Zoom di laptop atau PC hingga tuntas.

Salah satu alasan kenapa pengguna Zoom ingin menghapus akun mereka adalah Zoombombing, yang mengancam keamanan privasi. Kabar baiknya, cara menghapus akun Zoom permanen sangat mudah.

Baca Juga: Cara Mengganti Foto Profile Zoom

Tinggalkan Balasan