Cara Berlangganan Zoom Meeting

Ingin berlangganan ke Zoom Meeting Premium/Pro? Tidak perlu khawatir, cara berlangganan Zoom Meeting dari Basic ke Premium/Pro sangat mudah dan cepat, bisa dilakukan di HP dan PC.

Dengan meningkatkan level Zoom Meeting dari Basic ke Premium/Pro, pengguna akan mendapatkan berbagai fitur dan layanan yang lebih lengkap. Penjelasan selengkapnya bisa dicek di bawah ini ya.

Keuntungan Menggunakan Zoom Meeting Premium/Pro

cara berlangganan zoom

Sebelum membahas bagaimana cara berlangganan Zoom Meeting, akan dibahas keuntungan-keuntungan yang akan didapatkan pengguna.

Zoom Meeting adalah aplikasi video telekonferensi dengan banyak orang, sangat bermanfaat untuk rapat perusahaan online, sekolah online dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, Zoom sudah tersedia dalam versi gratis, namun memiliki fitur dan layanan yang terbatas. Jika ingin fitur dan layanan yang lebih lengkap, pengguna bisa berlangganan ke Zoom Premium/Pro.

Dengan berlangganan Zoom Premium/Pro, tentu pengguna akan mendapatkan berbagai keuntungan yang tidak akan di dapatkan di versi asli.

Apa saja keuntungan tersebut? Cek penjelasannya di bawah ini :

1. Meeting Tidak Ada Batasan Waktu

Keuntungan pertama yang bisa dirasakan pengguna Zoom yang berlangganan Zoom Premium/Pro adalah bisa meeting tanpa batas waktu.

Ya, ketika masih menggunakan Zoom Basic alias Zoom versi gratis, pengguna hanya bisa menyelenggarakan meeting hingga 40 menit saja.

Pertemuan, rapat atau sekolah daring selama 40 menit tentu saja tidak cukup, apalagi banyak masalah atau materi yang perlu disampaikan kepada peserta.

Beruntungnya, dengan Zoom Premium/Pro, pengguna bisa meeting tanpa batasan waktu, jadi tidak perlu keluar masuk room Zoom.

Pastinya, untuk perusahaan, sekolah, guru, dosen dan semacamnya, berlangganan Zoom Premium/Pro sangat worth it untuk dilakukan.

2. Bisa Memuat Lebih Banyak Partisipan

Apakah Anda ingin mengadakan webinar dengan banyak partisipan? Tentunya wajib berlangganan Zoom Premium/Pro, yang bisa menampung hingga 1.000 partisipan.

Sebenarnya, Zoom Premium/Pro paket perusahaan hanya bisa menampung hingga 500 partisipan saja. Namun berkat add-on Rapat Besar, kapasitas bisa ditingkatkan menjadi 1.000 partisipan.

Bandingkan dengan Zoom Basic, yang hanya bisa memuat hingga 100 partisipan saja. Tentunya, jika mengundang banyak peserta yang lebih dari 100, disarankan untuk upgrade level Zoom ke Premium/Pro.

3. Bisa Live Streaming

Keuntungan menggunakan Zoom Premium/Pro berikutnya adalah pengguna bisa melakukan live streaming. Maksudnya, jalannya Zoom Meeting tersebut bisa dibagikan ke platform lain lewat live streaming.

Biasanya, Zoom Meeting dibagikan ke platform lain seperti Facebook dan Youtube. Jadi, pemirsa lain yang tidak bisa masuk ke Zoom Meeting tetap bisa mengikuti jalannya pertemuan tersebut.

Jadi tidak hanya 1.000 partisipan saja yang bisa mengikuti jalannya pertemuan, namun lebih dari itu. apalagi jika channel-nya memiliki banyak pengikut dan pelanggan.

Namun, pemirsa yang mengikuti meeting di Youtube dan Facebook hanya bisa menyimak saja. Mereka tidak bisa berinteraksi dengan pemateri, namun bisa bertanya-tanya lewat kolom komentar di Youtube/FB.

4. Breakout Room

Dengan berlangganan Zoom Premium/Pro, pengguna juga bisa menggunakan fitur breakout room. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa membuat room baru.

Berkat room ini juga, mereka bisa masuk ke room khusus, tanpa harus keluar dari room utama di Zoom Meeting.

5. Privilege Domain

Peserta yang diundang untuk Zoom Meeting bisa masuk dengan menggunakan link undangan. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan Meeting ID dan password-nya.

Biasanya, ketika masih menggunakan Zoom Basic alias gratis, host mendapatkan link yang sudah jadi, alias sudah diatur oleh sistem Zoom sebelumnya.

Namun, dengan menggunakan Zoom Premium/Pro, mereka berhak mengatur domain sendiri, alias bisa menggunakan privilege domain.

Maksudnya, pengguna tersebut bisa membuat kombinasi link yang berbeda-beda, sesuai dengan yang diinginkan.

6. Admin Panel

Tidak mudah mengatur partisipan Zoom yang jumlahnya hingga ratusan. Beberapa dari mereka ada yang masih mengaktifkan mikrofon, padahal sudah disuruh untuk mematikannya.

Namun, ketika sudah menggunakan Zoom Premium/Pro, host memiliki admin panel yang memudahkannya dalam mengatur peserta Zoom Meeting.

Dengan admin panel, host bisa mematikan mikrofon, komentar, live streaming dan lainnya dengan mudah. Jadi, Zoom Meeting akan berjalan dengan lancar bebas dari kendala.

7. Keamanan Lebih Terjamin

Zoom diterpa isu yang tidak sedap, yang berkaitan dengan keamanan, privasi dan lain sebagainya. Salah satu isi tersebut adalah Zoombombing, yang sangat mengganggu kenyamanan pengguna.

Zoom memang sudah mengatasi hal tersebut, namun banyak pengguna yang kadung ragu menggunakan aplikasi atau layanan ini.

Nah, agar pengguna merasa aman dan privasinya terjaga, disarankan untuk menggunakan Zoom Premium/Pro, yang dilengkapi dengan sistem keamanan yang lebih baik.

8. Perekaman Cloud

Berikutnya ada fitur perekaman, memungkinkan pengguna Zoom Premium/Pro bisa merekam jalannya pertemuan dan menyimpannya di layanan cloud yang disediakan oleh Zoom.

Menggunakan layanan cloud untuk menyimpan rekaman video lebih hemat kuota internet, karena video tidak harus di-upload ke perangkat.

Jika masih menggunakan versi gratis, penyimpanan hanya bisa dilakukan di penyimpanan perangkat. Mau tidak mau, video harus diunggah ke dalamnya, yang mana sangat memboroskan kuota.

Cara Berlangganan Zoom Meeting Premium/Pro

cara berlangganan zoom

Cara berlangganan Zoom Meeting sangat mudah, pengguna bisa melakukannya lewat situs Zoom resmi. Pengguna bisa menggunakan HP atau PC untuk mengakses situs Zoom, misalnya saja dengan Chrome.

Jika belum pernah berlangganan Zoom sebelumnya, bisa cek tutorialnya di bawah ini :

  • Pertama, buka browser di HP atau PC, dan kunjungi situs resmi Zoom.
  • Setelah terbuka, masuk ke akun Zoom.
  • Setelah berhasil login, buka tab Account Management dan pilih Billing.
  • Selanjutnya klik Upgrade Account, tepatnya di tab Current Plan.
  • Selanjutnya halaman akan diarahkan ke detail pembelian Zoom Premium/Pro. Di sini bisa pilih jumlah lisensi, jenis paket, siklus pembayaran hingga fitur tambahan yang diinginkan.
  • Jika sudah, klik Save & Continue untuk melanjutkan.
  • Setelahnya halaman akan diarahkan ke detail pembayaran, pengguna bisa mengatur informasi tagihan dan metode pembayaran.
  • Tulis informasi yang dibutuhkan sesuai dengan formulir yang ada, mulai dari nama depan, nama belakang, alat email, perusahaan, alamat dan lain sebagainya.
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran.
  • Jika sudah, klik Save & Continue.
  • Terakhir ada halaman review, silakan cek pesanan kembali, dan pastikan tidak ada yang salah.
  • Jika tidak ada yang salah, tinggal klik Place Order dan lakukan pembayaran.

Cara Berhenti Berlangganan Zoom Meeting

cara berhenti langganan zoom

Selain tahu cara berlangganan Zoom Meeting, pengguna juga harus tahu bagaimana cara berhenti, khususnya jika sudah tidak membutuhkan lagi. Cek tutorialnya di bawah ini :

  • Buka Zoom lewat browser, bisa dari HP atau PC.
  • Selanjutnya login ke akun Zoom yang ingin dibatalkan langganannya.
  • Setelahnya masuk ke Account Management lalu pilih Billing.
  • Setelah Current Plans terbuka, klik Cancel Subscription.
  • Selanjutnya muncul kotak untuk konfirmasi pilihan, kemudian beri alasan kenapa ingin berhenti langganan.
  • Jika sudah, plan akan berstatus Canceled, dan langganan Zoom Premium/Pro berhasil dibatalkan.

Cara berlangganan Zoom Meeting ke Premium/Pro sangat mudah, bisa dilakukan langsung melalui situs resmi Zoom. Jika sudah tidak membutuhkan lagi, bisa menghentikannya, daripada tagihan terus berjalan.

Tinggalkan Balasan